Peringatan Isra’ Mi’raj di Rensing Bat

KM-RENSING BAT-Memperingati peristiwa hari besar islam isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1437 H/2016 M, Masjid Nurul IslamDesa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Lombok Timur menggelar Pengajian umum yang berlangsung pada hari Rabu, 27 April 2016 bertepatan dengan tanggal 19 Rajab 1437 H. Pengajian yang di organisir oleh Remaja Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat tersebut dihadiri oleh TGH.M.Yusuf Ma’mun Amidul Ma’had DQH NW Pancor, TG. Drs. H.M. Suhaimi Rosyidi, M.Pd.I, TGH. Abdul Kholik Saleh, Kepala KUA Kec. Sakra Barat H. Muhsin, S.Pd,I, Kepala Desa Rensing Ba tMuhammad Hilmi, SE, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda/remaja dan ratusan jamaah.

Dalam laporan dan ucapan selamat datangnya dihadapan jamaah dan tamu undangan Ketua Panitia yang juga Ketua Pengurus Remaja Masjid Nurul Islam Nuruddin, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan hari besar islam di masjid nurul islam menjadi kegiatan masjid secara turun temurun dilakukan sejak lama, dan berharap kegiatan takmir dan mengagungkan hari-hari besar islam di masjid senantiasa dilakukan agar masjid sebagai basis kekuatan umat islam tetap hidup. Ia berharap tradisi hasanah terus dipertahankan dan dilakukan di masjid seperti yang sudah dilakukan yaitu sholat berjamaah, pengajian atau kajian kegamaan, perpustakaan masjid, hiziban, zikir/syafaah, belajar alqur’an atau tahfizul qur’an dan kedepan Remaja masjid akan mengadakan kursus bahasa inggris dan bahasa arab dalam rangka menyiapkan generasi muda desa rensing bat menghadapi Masyarakat Ekonomi Islam (MEA) karena itu itu remaja masjid meminta dukungan moral material untuk terus berinovasi dalam berkegiatan mentakmirkan masjid untuk menambah dan meningkatkan kualitas iman takwa serta berkah bagi masyarakat.

Sementara itu tiga tuan guru yang diundang menyampaikan tausyiah atau ceramah isra’ mi’raj secara bergiliran yaitu Bapak TGH.M.Yusuf Ma’mun, TG. Drs. H.M. Suhaimi Rosyidi, M.Pd.I, TGH. Abdul Kholik Saleh mengingatkan jamaah tentang peristiwa Isra' dan Mi’raj Nabi Muhammad Rasulullah SAW merupakan salah satu momentum bersejarah dan mukjizat besar karunia Allah yang mempunyai implikasi yang amat penting dan sangat besar kepada umat Islam dan seluruh umat manusia, jin dan sekalian alam dan inilah yang menjadi kesyukuran atas nikmat besar yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia.

Isra’ dan Mi’raj sendiri menurut beberapa riwayat terjadi pada malam 27 Rajab tidak lama selepas wafatnya isteri Rasulullah s.a.w., Saidatina Khadijah r.a. dan pamannya AbuTalib, peristiwa ini merupakan satu perjalanan kilat Rasulullah s.a.w. pada sebahagian malam atas kekuasaan dan kehendak Allah dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa, kemudian naik ke langit sampai ke Sidratulmuntaha, bahkan ke Mustawa dan sampai di bawah Arasy Allah dengan menembusi tujuh lapisan langit, lalu kembali ke Mekah pada malam yang sama, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Isra’ ayat 1 yang artinya " Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami barkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebahagian daripada tanda-tanda [kebesaran] Kami. Sesungguhnya Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Peristiwa isra’ mi’raj ini adalah peristiwa dimana Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat lima waktu yang merupakan suatu bentuk ibadah yang begitu penting di dalam kehidupan seseorang hamba Allah s.w.t. Kewajiban solat diterima langsung oleh Nabi Muhammad SAW dari pada Allah sewaktu bertemu Allah pada malam Mi’raj tanpa perantaraan malaikat Jibril.

Karena itu penceramah mengajak jamaah/masyarakat yang hadir dalam pengajian tersebut untuk senantiasa menjaga sholat lima waktu sehari semalam dan melaksanakan sholat dengan cara berjamaah baik di masjid, mushalla maupun di rumah. Selain memiliki pahala berlipat yaitu dua puluh derajat sholat berjamaah juga memiliki makna sosial yaitu menunjukkan kebersamaan dan kekompakan dalam kehidupan sosial bermasyarakat sebagaimana tema yang diangkat panitia yaitu dengan peringatan isra' mi'raj kita tingkatkan kualitas ibadah untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dan berakhlaqul karimah.a@n [] - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru