logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tentara Ikut Membangun Masjid

Tentara Ikut Membangun Masjid

Pulau Lombok adalah pulau yang dijuluk pulau seribu masjid yang beraneka ragam budaya,ras,suku,dan agama.   Selain itu di Lombok terkenal dengan banyak tempat-tempat

Direktori Masjid

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
02 Oktober, 2016 23:28:55
Direktori Masjid
Komentar: 0
Dibaca: 12373 Kali

Pulau Lombok adalah pulau yang dijuluk pulau seribu masjid yang beraneka ragam budaya,ras,suku,dan agama.

Selain itu di Lombok terkenal dengan banyak tempat-tempat daerah wisatawan dan bangunan-bangunan yang khas serta bangunan-bangunan masjid yang banyak di setiap desa dan kecamatan.

Pulau Lombok banyak sekali bangunan masid dari yang bersejarah sampai yang modern selain itu pulau masyarakat pulau Lombok atau Nusa tenggara barat sangat antusias terhadap agama khususnya pemeluk agama islam yang lebih mendominasi di nusa tenggara barat ini.

Lombok kini menjadi pusat pendorong wisata syariah di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Indonesia memang tengah menggenjot wisata syariah untuk menarik minat pelancong dari negara-negara di Timur Tengah. Selain menarik turis Barat yang semakin banyak datang menikmati pantainya yang masih 'perawan', Lombok juga bersolek untuk mempromosikan warisan budaya Islam, mulai dari berbagai masjid kuno hingga tempat-tempat peninggalan ulama masa lalu.

(Sumber) Dengan mayoritas agama islam di Lombok. tidak heran jika banyak terbentang Masjid masjid besar maupun kecil di sekitaran Jalan di pulau Lombok. Tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke beberapa masjid di Lombok. Ada juga beberapa Masjid Tua di Lombok. yang menjadi saksi dari zaman penjajahan belanda dan jepang pada zaman dahulu yang berda di lombok utara. Pulau ini dihuni oleh penduduk yang 96 persennya merupakan masyarakat muslim. Lombok juga memiliki begitu banyak masjid yang nyaris tersebar di setiap kabupaten, mulai dari Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, hingga ke wilayah kota Mataram. Tak heran jika wilayah ini dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. (Sumber) Kota mataram yang merupakan ibu kota provinsi nusa Tenggara Barat bermotokan Maju,Religuius, dan berbudaya memiliki penduduk yang hetrogen selain itu kota mataram memiliki toleransi yang tinggi sehingga itulah yang membuat masyarakatnya menjadi rukan dan damai.

Batunyala Kecamatan Praya Tengah yang memiliki banyak berdiri kekah Masjid untuk Religi Keagamaan. Namun banyak juga masih dalam proses prenopasian. Termasuk juga Masjid Batunyala Dusun Bagek Tenten yang sedang melakukan Perenopasian untuk lebih besar. Melihat masjid yang masih kecil, maka masyarakat Bagek Tenten mulai beranggapan untuk melakukan Renovasi.

 

Baca Juga :


Masjid Nurul Iman yang memiliki kekurangan dan masih berdiri kekah namun kecil. 2 tahun belakangan melihat pada saat upacara keagaamaan termasuk shalat ID Fitri dan Shalat ID Adha, masjid ini penuh dengan masyarakat. Ini yang membuat Ketua Remaja dan masyarakat mulai untuk berinovasi tentang perenovasian. Berjalannya prenovasian yang memiliki dana yang cukup besar dan tenaga yang lebih memberikan pengurus masjid mengundang dari berbagai macam tenaga termasuk Tentara di Lombok tengah.

Sekitaran 200 tentara ikut berpartisifasi dalam perenopasian ini. Kamis 29 september 2016 pada saat pengecoran tugu masjid puluhan warga Bageq Tenten dan ratusan tentara memberikan tenaga yang extra, Karena waktu yang cukup sedikit. Puluhan tugu yang dikerjakan (pengecoran) akhirnya selesai dalam setengah hari. Jika kita melihat semua ini tanpa bantuan tentara tidak akan mungkin akan selesai secepat itu. Bantuan ini juga berkat dari pengurus masjid Nurul Iman yang puluhan tahun menjabat sebagai tentara

Hasil inilah yang ditunggu masyarakat demi kelancaran upacara keagaaman yang ingin dilaksanakan. () -03



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan