logoblog

Cari

Tutup Iklan

Musholla di Dusunku

Musholla di Dusunku

KM. Salaja Kampo,  Rumah peribadatan merupakan bagian penting dalam hal beragama. Sarana peribadatan menjadi simbol kebersamaan, kebanggaan umat beragama. Lebih mendalam

Direktori Masjid

KM. Salaja Kampo
Oleh KM. Salaja Kampo
05 November, 2015 09:16:36
Direktori Masjid
Komentar: 0
Dibaca: 6918 Kali

KM. Salaja Kampo,  Rumah peribadatan merupakan bagian penting dalam hal beragama. Sarana peribadatan menjadi simbol kebersamaan, kebanggaan umat beragama. Lebih mendalam lagi rumah peribadatan merupakan tempat sakral, dimana ritual penyembahan/ penyerahan diri umat kepada tuhannya. Maka dari itu harusnya atas dasar kehambaan yang mendalam, keberadaan rumah ibadah mesti dijaga dan dipelihara eksistensinya oleh umatnya.

Dalam kekinian, keberadaan rumah ibadah di sebagain wilayah sepertinya sudah bagian yang terpinggirkan. Kondisi seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi umat beragama, mulai dari masjid, musholla ataupun langgar tidak sedikit kita lihat dengan kondisi yang kurang terurus.

Musholla Babuljannah merupakan salah satu dari sekian sarana ibadah yang memiliki kondisi untuk segera di renovasi. Musholla yang berlokasi di RT. 08 RW. 03 Dusun Tekad Makmur Desa Nisa Kec. Woha Kabupaten Bima, persisnya semenjak dibangun pada tahun 60-an belum pernah di renovasi secara serius.

Kepada Salaja Kampo, Bapak Syaifullah selaku Kepala dusun  mengatakan bahwa kondisi fisik musholla sudah mesti di renovasi karena temboknya mulai terlihat bengkok atau tidak lurus ditambah lagi dengan kondisi atap mulai rapuh termakan usia.

Senada dengan Bapak Syaifullah, Bapak Abdul Azis yang tinggal di sebelah musaholla mengatakan bahwa musholla ini kerap kali kebanjiran karena memang lokasinya yang dilewati jalur banjir. Selain dari itu Bapak Abdul Azis meriwayatkan, musholla ini awalnya dibangun dengan semangat kebersamaan warga sekitar. Mereka bersama-sama mengambil batu dan pasir, membuat batu bata dan membina pembangunan musholla tanpa pamrih sedikitpun. Tapi itu dulu, dan semenjak itu musholla ini praktis belum direnovasi lagi secara menyeluruh.

 

Baca Juga :


Musholla Babuljannah merupakan satu-satunya rumah ibadah di dusunku. Sehingga keberadaan menjadi penting karena selain sebagai tempat ibadah juga sebagai sarana silaturahmi warga setempat.

Kondisi musholla ini mengunggah keimanan kita, oleh beberapa pemuda di dusun sudah melayangkan proposal ke pemerintah daerah. Akan tetapi keberadaan musholla yang cukup parah tentunya juga mengharapkan bantuan dari kaum muslimin yang sempat membaca tulisan ini untuk dapat bekerjasama memberikan suplay anggaran untuk merenovasi Musholla Babuljannah ini. (SK.OPK) - 05      



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan