logoblog

Cari

Masjid dari Inisiatif Anggota Kodim 1608 Bima

Masjid dari Inisiatif Anggota Kodim 1608 Bima

KM TNC. Masjid Al Jihad salah satu dari Masjid yang ada di lingkungan Kelurahan Rabadompu Barat Kecamata Raba Kota Bima. Masjid

Direktori Masjid

KM. Tembe Nggoli
Oleh KM. Tembe Nggoli
25 April, 2015 23:23:55
Direktori Masjid
Komentar: 0
Dibaca: 29374 Kali

KM TNC. Masjid Al Jihad salah satu dari Masjid yang ada di lingkungan Kelurahan Rabadompu Barat Kecamata Raba Kota Bima. Masjid tersebut berada di lingkungan asrama Kodim 1608 Bima yang ramai di kunjungi oleh Masyarakat ataupun anggota Kodim 1608 Bima untuk shalat Jum’at. Berikut hasil wawancara crew TNC bersama Serda Juraid (23/04) selaku imam Masjid di lingkungan Masjid setempat.

Masjid Al Jihad berlokasi di Jalan Belimbing Rt 08 Rw 03 Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima atau sebelah Selatan RSUD Bima. Luas area Masjid ± 6 area dengan Masjid 12 x 12 meter, bangunan permanen lantai dan tembok dalam dikelilingi keramik dengan kubah kecil dari bahan aluminium bentuk joglo (jawa kuno) persegi empat.

Masjid Al Jihad di bangun sekitar tahun 2007 berawal dari inisiatif anggota Kodim 1608 Bima karena melihat keadaan disekitar perumahan jauh dengan Masjid maka dibangunlah tempat ibadah yang awalnya hanya sebuah Musholah namun karena desakan masyarakat yang banyak oleh Dandim beserta H M.Nur Latif (almarhum) Walikota Bima saat itu mengusulkan dibangun Masjid sebagai tempat shalat Jum’at. Mulai saat itulah anggota Kodim 1608 Bima di bantu Walikota Bima membangun Masjid seperti saat ini, Tahun 2008 diresmikan langsung oleh H M Nur Latif dengan di tanda tangani bersama Dandim 1608 Bima.

Tahun 2014 direnovasi atap genteng dan kayu diganti menggunakan atap multiroom, keunikan dari Masjid ini terlihat pintu dan jendela berupa kosen leter U dan menggunakan plafon.

Seperti Masjid lain Masjid Al Jihad memiliki organisasi Masjid diantaranya BKM Al Jihad dan TPQ Al Jihad, kegiatan rutin yang dilakukan TPQ anak-anak dan remaja setiap sore dan ba’da magrib serta Majelis Ta’lim dari kelurahan. Kegiatan tahunan berupa peringatan hari-hari besar islam

Bentuk toleransi antar umat beragama yaitu dengan saling menghargai dan menjaga kerukunan antar umat beragama, kegiatan-kegiatan pembinaan dilakukan setiap selesai shalat seperti ceramah agama dan pengajian.

 

Baca Juga :


Dengan makin banyaknya jamaah saat ini Masjid Al Jihad sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah karena panitia Masjid membutuhkan tenda/terop untuk menanggulangi banyaknya jamaah saat bulan ramadhan “kami sangat membutuhkan bantuan berupa terop menginggat beberapa bulan lagi memasuki bulan ramadhan” harapnya.

“selain itu saya bersama Peltu Tarmanto Ketua BKM Al Jihad punya rencana untuk mengembangkan Masjid menjadi latai 2 dan tempat wudhu dengan membuat bak/penampungan air yang lebih besar dan baik serta membuat atap agar saat hujan jamaah tidak kehujanan” harapnya.

Selama wawancara responde antusias dan sangat mendukung adanya pendataan serta rencana penerbitan buku direktori masjid sehingga wawancara berjalan lancar dan sukses. Alamsyah [] - 05         



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan