logoblog

Cari

Masjid Dengan Ornamen Unik

Masjid Dengan Ornamen Unik

KM Sambang Kampung- Hari Jumat tanggal 3 April 2015 saya bertamu kerumah Bendahara Mesjid Jamiq Nurur Rasyid Desa Teros Kecamatan Labuhan

Direktori Masjid

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
08 April, 2015 21:43:50
Direktori Masjid
Komentar: 3
Dibaca: 60499 Kali

KM Sambang Kampung- Hari Jumat tanggal 3 April 2015 saya bertamu kerumah Bendahara Mesjid Jamiq Nurur Rasyid Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji namanya Satirun, SPd. SD.. Tepat pukul 09.00 Wita saya memulai wawancara untuk mengisi form Direktori Mesjid di Nusa Tenggara. Sebelum memulai wawancara kami berdua ngabrol tentang kelompok usaha yang dijalankan bersama-sama yaitu kelompok Pada Angen yang dirintis sejak tahun 2003 silam. Kelompok usaha itu kini perkembangannya sudah cukup besar.

Mesjid Jamiq Nurur Rasyid berlokasi di Dusun Selungkep Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur. Luas areal 1859 m². dengan batas-batas sebelah Timur Jalan, sebelah Barat lorong, sebelah Selatan Lorong dan sebelah Utara Inaq Nikmah, Mustafa, Inaq Rakmah.  Mesjid Jamiq Nurur Rasyid ini merupakan tanah wakaf berdasarkan akta ikrar wakaf nomor : W.2/135/I/Tahun 1991, PPAIW Kecamatan Selong tanggal 7 November 1991 surat pengesahan atas nama Nazir, dimana tercantum nama-nama yang berhak adalah H. M. Munir (ketua), Mas’ud (sekertaris), Kudsi, Am.H.K. (bendahara), Bustan Kamal, B,A.(Bendahara) dan Selamet (Pembantu), nomor hak wakaf 261.  Mesjid Jamiq Nurur Rasyid telah memiliki sertifikat dengan nomor : 23.03.07.07.1.0026.1.

Mesjid Jamiq Nurur Rasyid memiliki sejarah, dimana penyebar agama islam di Desa Teros bernama Nurur Rasyid. Dalam penyebaran agama Islam ini beliau membangun sebuah mesjid, seiring perkembangan zaman mesjid yang dibangun tersebut memiliki dua kolam dengan sisi kiri tempat masyarakat membersihkan diri atau mandi sedangkan sisi kanan sebai tempat berwudhu. Pada tahun 1982 mesjid Nurur Rasyid mulai di rubah dengan ornament yang tidak terlalu jauh berbeda dengan aslinya. Mesjid Nurur Rasyid tidak memiliki kubah namun mengikuti ornament cina dengan pucuk yang menyerupai kerucut.

Mesjid Jamiq Nurur Rasyid memiliki potensi keunikan dimana tempat wudhu berada didalam terowongan atau bawah tanah. Disisi kiri terdapat tempat wudhu laki-laki sedangkan disisi kanan tempat wudhu perempuan. Keunikan yang lainnya adalah genteng mesjid Jamiq Nurur Rasyid diperkirakan sudah lebih dari seratus tahun. Genteng tersebut adalah genteng yang dipergunakan sejak pertama berdirinya mesjid Jamiq Nurur Rasyid, yang menurut cerita dibawa langsung dari Cina.

Organisasi mesjid saat ini, pengurus mesjid terdiri dari Pelindung Penasehat adalah Kepala Desa Teros, Ketua BPD Desa Teros, Ketua LKMD Desa Teros, Drs. Kesipuddin, M.Pd., H. Bakri Asy’ari, Ustad M. Nuh Ilyas. Sedangkan H.M Rusli, B.A (Ketua), Drs. H. Munarif (wakil Ketua), H. Drs. Muhiruddin (Sekertaris), Satirun, S.Pd.SD. (Bendahara), Nasri, S.Pdi. (Seksi Umaroh), Drs. Aspari (Seksi Idaroh), Bustam Kamal (seksi Riayah).

Kegiatan rutin yang dilaksakan adalah pengajian rutin tiap malam, melaksakan Yasinan setiap malam Jumat, TPQ (Tempat Pembacaan Qur’an). Sedangkan kegiatan tahunannya peringatan Maulid Nabi Muhammad, S.A.W., Nuzulul Qur’an, Hari raya Idul fitri, Hari raya Idul Adha dan melaksanakan Qurban.

 

Baca Juga :


Bentuk Toleransi antar umat beragama yang dijalankan adalah bersama-sama melaksnakan kegiatan gotong royong, serta semua terlibat dalam kegiatan acara yang bersifat kekeluargaan. Kegiatan pembinaan umat berupa pengajian dan perayaan hari besar umat islam.

Adapun saran atau tausiah kesejukannya adalah mesjid adalah rumah Allah, S.W.T, maka kunjungilah setiap saat karena disanalah datangnya segala rahmat. Segala kebaikan, segala ketenangan, segala keberkahan, segala keikhlasan ada dimesjid. Harapannya adalah Mesjid harus terus dimakmurkan. (Uyik) - 05

 

 



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

3 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    09 April, 2015

    Mungkin penting juga di lihat bagaimana masjid-masjid ini di makmurkan


  • KM. Sukamulia

    KM. Sukamulia

    09 April, 2015

    Bongkar terus destinasi masjid di ntb... Lombok punya 1000 masjid dan diantara itu banyak sekali yg punya potensi, baik potensi seni budaya n religi. Selamat KM SAMBANG KAMPUNG dan Salam dr Kampung.


    1. KM. Sambang Kampung

      KM. Sambang Kampung

      09 April, 2015

      mari kita jadikan NTB sebagai negeri 1000 mesjid dengan karakter masyarakat yang relijius.....terima kasih.....


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     

    Komentar Terbanyak

     

    image

    Tipi Kampung

     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan