logoblog

Cari

Tutup Iklan

Masjid Al-Ikhlas Swadaya Masyarakat Rabangodu

Masjid Al-Ikhlas Swadaya Masyarakat Rabangodu

KM TNC. Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima merupakan salah satu masjid kebanggaan masyarakat Rabangodu Utara, dinamakan Masjid

Direktori Masjid

KM. Tembe Nggoli
Oleh KM. Tembe Nggoli
31 Maret, 2015 09:05:54
Direktori Masjid
Komentar: 2
Dibaca: 10400 Kali

KM TNC. Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima merupakan salah satu masjid kebanggaan masyarakat Rabangodu Utara, dinamakan Masjid Al-Ikhlas karena di identik dengan masyarakatnya yang ikhlas membantu proses berdirinya Masjid tersebut yang berawal dari inisiatif masyarakatnya, tang dimana Masjid tersebut didirikan/dirintis oleh beberapa orang yang pada saat itu merupakan orang yang paling berpenggaruh pada saat itu.

Berikut hasil wawancara crew TNC bersama Drs. H. Kamrah ketua BKM Al Ikhlas Kel Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima di masjid setempat Jum’at (20/02).

Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima berdiri sekitar tahun 1955 ditengah pemukiman warga, pada saat itu masih berupa langgar (musholah) dari kayu berlantaikan semen beratap genteng dengan luas 8 x 7 meter dapat menampung puluhan jama’ah.

Tahun 1963 berawal dari usulan masyarakat dimana pada saat itu pemilik tanah wakaf tempat Masjid berdiri sekarang melakukan ganti tempat dan saat itu tanah masih dalam keadaan kosong dengan tujuan agar mudah diakses.

Tanah tersebut merupakan tanah wakaf H Adha Mudin, dibangunlah Masjid oleh H Abdul Kadir, H Rajak, H Muhammad AR saat itu merekalah para pertua saat itu dan dibantu oleh masyarakat dengan luas 10 x 11 meter dengan bangunan permanen dan dasar masjid disiapkan untuk lantai 2.

Tahun 1980-an dilakukan renovasi rombak dengan memasang kusen keliling dengan kubah dari seng berlantaikan keramik biasa.

Tahun 2014 dilakukan renovasi dari kusen menjadi bak terbuka dan atap serta kubah menggunakan baja ringan dengan atap asbes dan bagian dalam keliling masjid menggunakan keramik.

 

Baca Juga :


Arsitekturnya serta keunikannya sama seperti masjid pada umumnya persegi empat dan bentuknya mengikuti Masjid yang ada di Jawa karena para perancangnya dari Jawa dan dapat dikembangkan menjadi Masjid bertingkat dengan kondisi saat ini yang cukup luas.

Organisasi Masjid diantaranya BKM, Remaja Masjid dan Majelis Ta’lim Al-Ikhlas setiap 2 Minggu dengan kegiatan  rutin Yasinan bersama, pengajian, TPQ dan Ceramah Agama.

Peringatan hari-hari besar islam merupakan kegiatan tahunan, bentuk toleransi antar umat beragama sangat harmonis dan saling menjaga menginggat wilayah Rabangodu Utara merupakan salah lokasi Gereja Protestan di Kota Bima sehingga setiap kegiatan keagamaan saling membantu dan menjaga keamanan.

Bentuk kegiatan pembinaan diantaranya majelis ta’lim dan ceramah-ceramah agama.

Masjid Al-Ikhlas dilihat dari kondisi dan keadaannya saat ini sangat memungkinkan untuk bisa dikembangkan menjadi Masjid bertingkat dan masyarakat sangat berharap ada bantuan dari Pemerintah baik Kota maupun Propinsi karena salah satu rencana jangka panjang pembangunan Masjid dilakukan rehap total karena melihat perkembangan masyarakat yang semakin berkembang sehingga diperlukan Masjid bertingkat. Alamsyah [] - 05



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    01 April, 2015

    semoga benar, warga sekitar tetap mempertahankan keikhlasannya sesuai nama masjid tersebut.


  • KM. Puspalaya

    KM. Puspalaya

    31 Maret, 2015

    semoga harpan masyarakat Rabangodu Utara bisa tercapai, aminnnn....


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan